Home » , » Kebiasaan Buruk di Kelas

Kebiasaan Buruk di Kelas


Guru: “KAMU, BERDIRI DI LUAR KELAS”
Murid: “Iya bu.”

Pernahkah anda mendengar kalimat seperti itu? Hm, jika pernah anda menemukan nya dimana?
Biasanya, kalimat itu sering terdengar ketika pembelajaran sedang berlangsung. Zaman modern ini siswa-siswa sering sekali melakukan kebiasaan buruk. Terutama saat di kelas dan pelajaran sedang berlangsung. Sadarkah anda tingkah laku kita itu sangat mengganggu guru yang sedang mengajar jam pelajarannya pada saat itu. Kebiasaan buruk ini harus dihilangkan. Mengapa? Takutnya kebiasaan buruk ini turun kepada anak dan cucu kita.

        Sering kali siswa menganggap tingkah laku buruk yang ia  lakukan di kelas sama sekali bukan masalah yang serius dan hanyalah masalah yang sepele. Jika dibiarkan perilaku yang buruk ini bisa mempengaruhi siswa lainnya. Terutama pada saat usia remaja, karena usia remaja adalah masa yang paling rentan bagi siswa. Masa dimana siswa mempelajari bentuk karakter nya masing-masing.

        Mengutip dari “Forum Team .... (sensor)”, survey membuktikan 80% anak remaja pasti pernah melakukan hal yang buruk ini. Yang pertama adalah Makan/Ngemil di kelas. Di beberapa sekolah pasti ada peraturan mengenai dilarangnya makan/minum di kelas terutama saat pelajaran sedang berlangsung. Tentu saja dalam menciptakan progam sekolah mengenai kebersihan lingkungan. Tak masalah jikalau si anak remaja ini sadar diri terhadap lingkungan sekitarnya, nah masalah nya bagi anak yang tidak bisa mengerti terhadap lingkungan sekitarnya pasti akan tidak peduli dengan apa yang ia makan dan bungkus makanan ‘sampah’ yang dia buang. Pastinya akan memperburuk suasana lingkungan sekitar sekolah.

       Nah, yang paling sering didengar menurut penulis, kebiasaan buruk di kelas adalah MENYONTEK :D . Hayoo, siapa yang belum pernah menyontek? –“ . Menyontek atau Nyontek adalah suatu kegiatan melihat atau mencuri jawaban yang dimiliki oleh orang lain. Faktor nyontek biasanya adalah karena kita lupa mengerjakan tugas, menghafal atau ‘Malas’. Kebiasaan malas adalah yang paling buruk bagi anak remaja. Malas tidak mengerjakan tugas, dimarahi guru dan tidak dapat nilai. Tidak dapat nilai maka tidak naik kelas. Tidak naik kelas mengulang atau dikeluarkan. Bahaya sekali ._.

        Hip hip hura hura, pernahkah anda mengobrol di kelas? Ayolah, tidak ada siswa yang tidak pernah mengobrol dikelasnya. Tahukah bahwa mengobrol di kelas adalah kebiasaan yang buruk yang tidak kita duga? Mengobrol di kelas sangat buruk. Terutama jika pelajaran masih berlangsung. Sangat buruk ketika guru masih mengajar kita mengobrol dikelas. Bukannya menghina, menurut survey yang lebih sering mengobrol adalah perempuan. Mengapa? Perempuan itu memang suka menggosip, dan karena perempuan punya suara yang lembut sehingga suara mereka tidak terdengar oleh yang lain. Tidak menutup kemungkinan bahwa laki-laki pun suka mengobrol. Lelaki biasanya mengobrol dengan suara yang keras, tidak ragu-ragu lagi jikalau mengobrol. Yah namanya juga laki-laki, dan begitulah perbandingan kebiasaan buruk yang kita lakukan secara kita tidak sadari.

         Anda punya telepon genggam? Yah zaman sekarang lebih dikenal dengan sebutan handphone atau HP. Siswa yang mempunyai hp rata-rata suka memainkan hp nya didalam kelas. HP memang alat yang membantu manusia dalam berkomunikasi, misalnya untuk mengirim pesan dan menelepon. Akan tetapi HP zaman sekarang sudah dilengkapi fitur-fitur yang sempurna. Tapi fitur tersebut bisa merusak otak para siswa. Alasannya nya, hp sering kali digunakan untuk hal yang buruk. Seperti contohnya adalah ‘mencontek’. Banyak siswa-siswa melakukan hal itu dan sudah banyak kejadiannya. Hal buruk tersebut harus dihilangkan, karena bisa merusak anak-anak penerus bangsa, generasi bangsa ini.


Yep begitulah beberapa kebiasaan buruk dikelas yang secara sadar tidak sadar sebagian orang telah melakukannya. Mohon maaf bila ada salah kata, semoga artikel ini bermanfaat ;)


0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar, Bebas tapi Sopan ^_^

Search

FeedLangganan Artikel Terbaru via Email

» Check your email for confirmation !